Meme stupa roy surya menjadi bad new 2022
NEWS

Roy Suryo Terancam Hukuman Penjara Setelah menulis Meme Stupa berujung Penistaan Agama.

Meme stupa menjadi berita terbaru di tahun ini. Terancam penistaan agama setelah memosting meme stupa no 1 Beberapa waktu yang lalu, jagad media sosial ramai dengan postingan meme stupa kasus Penistaan Agama yang menimpa Roy Suryo. Kasus yang diawali, dari postingan roy suryo saat di twitter pada 14 juli 2022.

Diketahui roy suryo memposting sebuah meme stupa yang wajahnya telah diedit dan diganti dengan wajah presiden republik indonesia saat ini yaitu ir. Joko widodo. Sontak jagat media sosial ramai dengan kritikan yang di tujukan kepada roy suryo. Karena telah dianggap memiliki postingan yang telah merendahkan pak jokowidodo, sebagai presiden dan simbol negara. Dikarenakan meme yang telah digunakan untuk menyoroti stupa, yang merupakan sebuah simbol khusus agama tertentu.

Roy Suryo Terancam Hukuman Penjara Berita No 1

Karenanya banyak orang menganggap roy suryo telah melakukan Penistaan agama tertentu. Semenjak saat itu roy suryo telah dilaporkan oleh banyak pihak, terkait meme stupa tersebut. Sekarang akan saya bahas kronologi kasus meme stupa yang membuat roy suryo menjadi tersangka dan terancam hukuman penjara.

Berawal dari munculnya isu wacana akan menaikan tiket masuk ke salah satu objek wisata yaitu candi borobudur. Isu tersebut seakan digoreng habis-habisan, sehingga dipermasalahkan beberapa pihak yg kontra dengan pemerintah. Roy suryo adalah salah satu yang merupakan seorang mantan mentri pemuda dan olahraga.

Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada saat itu roy suryo ditetapkan menjadi mentri pemuda dan olahraga. Namun sepanjang kenyataannya roy suryo, ketika menjadi mentri pemuda dan olahraga tidak memberikan dampak yang signifikan. Malahan pada saat roy suryo menjadi menterilah, malah terjadi korupsi besar-besaran wisma atlet.

Postingan Meme Stupa Roy Surya Meggemparkan Sosmed

Roy suryo mengunggah status pada media sosial twitter miliknya, dan menimbulkan banyak polemik terkait penistaan agama di media sosial. roy suryo menanggapi dengan memberi alasan bahwa dirinya hanya ikut-ikutan saja memposting meme tersebut. Sebelumnya telah di posting orang lain dan berujung pada roy suryo. Menurut laporan ada 3 akun media sosial, yang diduga telah menjadi tersangka. Dan di antaraya pihak roy suryo, sebagai yang pertama memposting meme wajah stupa tersebut.

Kemudian pada 20 juni 2022 roy suryo dilaporkan oleh organisasi umat budha dharmapala nusantara.ia dilaporakan dengan dugaan ujaran kebencian bermuatan SARA atau penistaan agama. Selain dilaporkan ke polda metro jaya roy suryo juga dilaporkan ke bareskrim polri. Kemudian roy suryo dipanggil sebagai terlapor, kasus postingan meme stupa candi borobudur yang diedit mirip wajah presiden jokowi.

Dalam pemeriksaan roy suryo diperiksa dengan kapasitas sebagai saksi dan ia menjalani pemeriksaan selama 11 jam. Usai diperiksa, roy suryo meminta perlindungan kepada lembaga perlindungan saksi dan korban. Roy mengaku ia meminta perlindungan karena menerima banyak terror untuk dirinya maupun keluarga. Roy mengaku menerima banyak acaman dan teror setelah melaporkan akun yang menyebarkan pertama kali meme stupa tersebut.

Walau dirinya sudah dilaporkan terkait postingan meme stupa tersebut, roy suryo membantah pengaduannya ke LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban). Karena khawatir akan proses
hukum yang tengah dijalaninya. LPSK kemudian memberikan rekomendasi dengan menyatakan roy suryo tidak dapat dituntut pidana selama kasus penistaan agama yang ia laporkan belum dinyatakan inkrah.

Menantikan Kejelasan Kasus Meme Stupa Roy Suryo

Menantikan Kejelasan Kasus Meme Stupa Roy Suryo

Mereka menyebutkan kasus yang menempatkan roy sebagai terlapor harus ditunda, pasalnya roy melaporkan terlebih dahulu ke polda metro jaya. Terkait 3 akun pengunggah pertama meme stupa, sementara itu pihak kepolisian terus mecari informasi dan akhirnya menaikan kasus roy suryo.

Ke tahap penyidikan kasus, yang menyeret roy suryo inipun dilimpahkan dari bareskrim polri ke polda metro jaya. Selanjutnya polda metro jaya memeriksa saksi ahli usai proses kasus
tersebut dilimpahkan ke bareskrim polri. Dan diadakanlah gelar perkara oleh pihak kepolisian terkait kasus meme stupa Roy Suryo ini, pihak kepolisian juga memeriksa pelapor roy suryo.

Kurniawan Santoso selaku Saksi kasus meme stupa roy suryo 

Satu saksi kurniawan santoso, dicecar 24 pertanyaan oleh polisi pada 29 juli 2022. Kurniawan santoso dimintai keterangan perihal, meme stupa candi borobudur yang diunggah roy suryo. Namun pihak kuasa hukum, tak menjabarkan secara detail terkait materi pertanyaan yang diajukan penyidik. Pada jumat 22 juli 2022 roy suryo akhirnya resmi menjadi tersangka, dan roy sendiripun sempat mengalami syok setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Elza syarief sebagai kuasa hukum dari pihak roy suryo, menyebut kliennya mengalami kesulitan tidur dalam beberapa hari terakhir. Sementara itu elza sejauh ini mengatakan pihaknya belum memikirkan langkah hukum atas penetapan tersangka roy suryo. Diungkap elza roy suryo dalam keadaan tidak sehat bahkan saat menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Ia bahkan sempat mengalami muntah-muntah ketika diperiksa di ruangan penyidik. Roy suryo juga sempat pingsan ketika menjalani proses pemeriksaan tersangka.

Pada akhirnya setelah 12 jam pemeriksaan, roy akhirnya dengan pertimbangan penyidik tersangka roy suryo akhirnya tidak ditahan. Dikarenakan keadaannya yang sedang tidak enak badan, dan saat roy suryo keluar dari ruang penyelidikan. ketika akan berjalan ke arah mobil sekitar pukul 22.20 malam. Terlihat roy suryo menggunakan kursi roda dan sangat terlihat tanpa semangat dan juga saat akan naik ke mobil roy suryo harus dipapah dan dibantu 2 orang lainnya roy suryo terlihat begitu lemas dan seperti sudah tidak memiliki semangat.

Kelanjudan Sidang khasus meme stupa penistaan agama Roy suryo

meme stupa roy suryo

Roy suryo kembali menjalani pemeriksaan pada 26 juli 2022, yang menarik nampak saat itu roy suryo menggunakan penyanggah leher. Dan jagad media sosial kembali ramai, dengan perbincangan banyak yang menganggap bahwa roy ini pandai berkelit. Dan membuat alasan agar tidak ditahan mungkin dengan tujuan agar bisa lepas dari jeratan hukum. Menurut pengacara roy suryo mengatakan bahwa roy suryo mengalami sakit maag dan darah tinggi. Elza sebagai pengacara juga mengatakan bahwa pembuluh darah roy suryo kliennya itu tengah mengalami masalah “ pembuluh darahnya bermasala.

Tegang bisa jadi stroke, jadi berbahaya hingga saat ini roy suryo masih dalam pengawasan dokter secara intensif. Namun berselang beberapa hari kembali terjadi kehebohan beredar foto dan video yang menunjukan roy suryo sedang tertawa terbahak-bahak. Roy Suryo nampak sehat meskipun masih memakai penyanggah leher. Roy sendiri kedapatan menghadiri acara yang digelar oleh mercedes-benz sl club indonesia.

Roy kembali mendapatkan Kritik dan hujatan dari para netizen setelah mengunggah meme stupa 

Setelah ramai kembali dengan hujatan dan kritik-kritik yang pedas roy suryo membuka suara, dia mengaku masih dalam masa pemulihan kesehatan ketika hadir di acara tersebut dan Alasan roy hadir diacara tersebut adalah sebagai sebuah penghiburan agar bisa pulih dari kondisi pascatrauma yang dialaminya pasca ditetapkan. Sebagai tersangka dan sekaligus padahal dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka. salah satu member senior yang sedang berulang tahun apahkah tidakan roy suryo ini bisa dibenarkan menurut pembaca sekalian??

Tindakan roy hanyalah semata-mata sandiwara agar mendapatkan rasa kasihan dan tidak ditahan?? Roy sendiri seharusnya adalah orang yang terpelajar dan berwawasan, juga beretika apalagi
sebagi pakar digital dan mantan mentri. Namun mengapa roy malah terus menerus melakukan kritik yang tidak membangun, dan malah terkesan berusaha menjatuhkan pemerintah saat ini. Akhirnya diapun yang melempar batu dan akhirnya tersandung batu itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *